Senin, 09 Juni 2014

PRABOWO VS JOKOWI

Hasil Debat Capres Jokowi vs Prabowo : Masalah HAM Jadi Isu Menarik
Hasil Debat Capres Jokowi vs Prabowo : Masalah HAM Jadi Isu Menarik

Diambil dari: iBerita.com — Hasil Debat Capres Jokowi vs Prabowo :    Masalah HAM Jadi Isu Menarik. Susana politik negeri ini semakin panas menjelang pemilihan Presiden (pilpres) yang akan digelar pada bulan Juli nanti. Dan menjelang pilpres, Komisi Pemilihan Umum (KPK) dijadwalkan menggelar debat terbuka kedua calon presiden, Jokowi vs Prabowo. Dan mala mini, Senin 9 Juni adalah debat pertama kedua capres tersebut.
Formasi debat dilakukan dalam enam sesi. Prabowo menghabiskan 4 menit dari enam menit yang tersedia di sesi pertama. Sedangkan di sesi kedua, Prabowo menghabiskan 4 menit lebih 30 detik dari 5 menit yang disediakan. Dan sisa waktunya digunakan oleh pasangannya, Hatta.
Sementara itu, pasangan Jokowi dan Jusuf Kalla justru mengatur waktu sebaliknya. Pada sesi pertama, Jokowi hanya berbicara 2 menit lebih, kemudian sisanya digunakan oelh JK. Di sesi kedua, Jokowi dan JK boleh dibilang berbagi sama, masing-masing menghabiskan dua setengah menit.
Debat terbuka capres ini diapandu oleh moderator, Zaenal Arifin Mochtar. Zaenal merupakan penggiat antikorupsi dari UGM, yang ditunjuk menjadi moderator yang memimpin debat capres dan cawapres Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa dengan Joko Widodo dan Jusuf Kalla.
Salah satu sesi yang cukup menarik pada debat kali ini adalah saat menyinggung tentang hak asasi manusia (HAM) di sesi keempat. Ini diawali dari pertanyaan Jusuf Kalla (JK) pada pasangan Prabowo-Hatta mengenai penanganan persoalan penegakan HAM dan soal diskriminasi. JK menanyakan apa yang akan dilakukan oleh pasangan Prabowo dan Hatta tentang persoalan diskriminasi yang terjadi seperti disampaikan oleh Hatta, dan soal penegakan HAM kepada Prabowo.
“Saya mengerti arah pertanyaan Bapak… tidak apa-apa. Arah bapak kira-kira, saya ini pelanggar HAM. Justru, mungkin bapak tidak mengerti, saya ini prajurit. Atasan saya yang menilai. Saya pembela HAM paling keras,” kata Prabowo menanggapi pertanyaan dari JK.
Masih belum puas dengan jawaban lawannya, JK masih melanjutkan pertanyaan seputar penegakan HAM, “Pak Prabowo terima kasih atas penjelasannya. Apakah penilaian atasan bapak waktu itu?”
Menganggapi pertanyaan JK ini, Prabowo mengatakan, “Kalau bapak ingin tahu apa jawaban atasan saya, tanya saja kepada atasan saya.”
Bagaimana hasil akhir debat capres malam ini? Sebagai pemilih yang baik, penting bagi Anda untuk tahu persis, visi dan misi serta kelebihan dan kekurangan masing-masing pasangan capres dan cawapres. Jadilah pemilih yang cerdas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar