Kamis, 13 November 2014

fisiologis tumbuhan

TUGAS FISIOLOGI TUMBUHAN
OLEH                   : KHAMILATUN KHUSNA
NIM            : 11382203026
KELAS        : 3 E Agroteknologi

1.    Dalam hal pergerakan zat pada tanaman : kemanakah air, gula, hara/ mineral anorganik, gas (O2/ CO2) dan molekul organik sekunder bergerak ?
©      Di dalam tumbuhan berbunga, gula dan senyawa-senyawa organik lainnya mengalir dari sebuah sumber menuju sebuah tempat tujuan mengikuti gradient penurunan konsentrasi dan tekanan zat terlarut. Yang disebut sebagai sumber adalah suatu bagian tubuh tumbuhan di mana senyawa organik dimasukkan ke dalam sistem tabung tapis. Yang disebut sebagai tempat tujuan adalah suatu bagian tubuh tumbuhan di mana senyawa organik dikeluarkan dari system tabung tapis untuk digunakan atau disimpan.
©      CO2, diambil dalam bentuk gas dari udara, masuk melalui mulut daun (stoma). Dalam keadaan terik, kadar CO2 rendah, sehingga proses fotosintesis akan terhambat. Semakin banyak karbon dioksida di udara, makin banyak jumlah bahan yang dapat digunakan tumbuhan untuk melangsungkan fotosintesis.

2.    jelaskan pergerakan air pada level seluler ?
©      respirasi internal adalah proses absorpsi oksigen dan pelepasan karbondioksida dari sel, proses respirasi internal ini disebut juga respirasi selular, terjadinya di mitokondria. merupakan potensial kimia yang disebabkan adanya materi yang terlarut. Potensial solute ini selalu memiliki nilai negatif, hal ini disebabkan karena cenderung bergerak menyeberangi membran semi permeabel dari air murni penurunan energi bebas air dalam suatu larutan karena interaksi air dg solut, diandingkan dengan air murni, potensial air murni (maksimal) = 0 bar. Larutan mempunyai potensial air < 0 atau negative

3.    jelaskan pengertian solute potential (ψs) ? apakah ψs positif atau negatif ?
©      Solute potensial, karena adanya tekanan hidrostatik antara isi dan sel dinding sel. Perpindahan air ke dalam sel akan berhenti ketika potensial osmosis sel seimbang dengan turgor, dan potensial air juga nol.

4.    jelaskan pengertian tekanan potensial (ψp) ? apakah  ψp positif atau negatif ?
©      Potensial tekanan dapat menambah atau mengurangi potensial air, potensial tekanan yaitu keadaan dinding sel yang cukup mengandung air memberikan tekanan pada isi sel kearah luar sel.  

5.    Jelaskan pengertian potensial air (Y)?
©      Potensial air merupakan jumlah air yang trkandung dalam suatu sel atau jaringan tumbuhan. Suatu sel atau jaringan tumbuhan dikatakan memiliki potensial air dalam sel juga akan naik, jika tanaman mengalami kehilangan air yang cukup tinggi, maka potensial sel dan jaringan akan turun dan memungkinkan tumbuhan mengalami defisit air. Adanya perbedaan potensial air mengakibatkan terjadi transport cairan sekaligus transport materi terlarut. Hal ini penting dalam proses penyerapan unsur hara.

6.    JelaskanMengenai transfortasi air pada akar? Bagaimana air dapat masuk ke akar?
©      Adalah proses pengambilan dan mengeluarkan zat-zat ke seluruh bagian tubuh tumbuhan. Tumbuhan memerlukan air dan mineral. Air dan mineral ini diserap dari dalam tanah menggunakan akar, pengambilan zat-zat ini dilakukan secara difusi dan osmosis. Difusi merupakan perpindahan molekul atu ion dari daerah berkonsentrasi tinggi kedaerah yang berkonsentrasi lebih rendah, sedangkan osmosis adalh perpindahan air dari larutan berkonsentrasi tinggi melalui selaput semi permeable. Berdasarkan jalur yangditempuh air dan garam mineral yang masuk ke akar. Pengangkut air dan mineral di bagikan menjadi simplas dan apoplas. Simplas adalah geraknya air dan mineral lewat jalur dalam sel, yaitu sitoplasma sel dengan menembus membrane plasma.


7.    jelaskan mengenai jalur apoplastik, jalur simplastik dan cairan strip ?
©      jalur Apoplastik (apoplastic) = pelepasan sukrosa dari sel-sel mesofil, kemudian dengan transport aktif untuk mengakumulasi sukrosa pada sel-sel penyerta (atau sel-sel transfer) atau  unsur tapis dari floem (sangat jarang atau tidak ada koneksi plasmodesmata antara sel mesofil atau sel seludang pembuluh dengan sel penyerta atau sel transfer).
©      Simplastik (Symplastic) = pergerakan langsung sukrosa dari sel-sel mesofil daun menuju sel-sel antara/unsur tapis melalui plasmodesmata (banyak sekali hubungan plasmodesmata antara mesofil/sel seludang pembuluh dengan sel-sel antara).
©      casparian strip = Dalamanatomi tumbuhan, stripCasparianadalah bandbahandinding sel diendapkan pada radial dan melintang dinding endodermis, dan secara kimiawi berbeda dari sisa dinding sel, yang terbuat dari lignin dan tanpasuberin. Ini menghambat aliran pasif bahan seperti air dan zat terlarut ke dalam prasasti tanaman.

8.    Proses Pengangkutan Air dan Garam Mineral?
©      Pengangkutan air dan garam-garam mineral pada tumbuhan tingkat tinggi seperti pada biji dilakukan melalui dua hal yaitu:
a.       Air dan garam-garam mineral diserap dari dalam tanah menuju sel-sel akar pengangkutan ini dilakukan diluas berkas pembuluh, sehingga disebut sebagai mekanisme pengawetan ekstravaskuler.
b.      Air dan Mineral diserap oleh akar, selanjutnya diangkut dalam tanah memasuki tumbuhan melalui epidermis akar, menembus korteks akar, masuk ke stek dan kemudian mengalir naik ke pembuluh Xilem sampai pucuk tumbuhan.

9.    Jelaskan tekanan akar dan kapan terjadinya gutasi?
©      Tekanan akar adalah tekanan yang terjadi xylem sebagai hasil proses aktif. Mekanisme tekanan akar dapat ditujukan adanya eksudasi cairan pada suatu tanaman yang dipotong pucuknya. Tekanan  akar akan terjadi jika transpirasi rendah, artinya kelembaban pada tanah cukup tinggi. Pada kelembaban tanah yang kurang maka laju transpirasi akan meningkat. Tekanan pada akar tidak terja karena adanya daya isap pada daun. Untuk mengetahui adanya tekanan pada pada akar dan daya hisap pada daun maka dapat dilakukan suatu pengamatan dengan menggunakan tanaman yang mempunyai batang transparan sehingga besarnya pergerakan air pada tanaman tersebut dan kenaikan laruitan dapat terlihat jelas.
©      Gutasi adalah proses pelepasan air dalam bentuk cairandari jaringan daun. Istilah gustasi pertama kali dipakai oleh burgerstein. Gutsi terjadi jika kondisi tanah sehingga penyerapan air tinggi namun laju penguapan air sulit terjadi karena tingkat tingginya kelembaban udara. Proses gutasi terjadi pada struktur daun mirip stomata yang bernama hidatoba. Gutasi dapat diamati dengan munculnya tetes-tetes air di tepi daun yang tersusun teratur.

10. Jelaskan pengertian transpirasi? Bagian apa dari tanaman yang paling banyak kehilangan air? Jelaskan bagaimana transpirasi mempengaruhi potensial air pada xylem>
©      Transpirasi, suatu proses penguapan atau pelepasan uap air pada tumbuhan melalui stomata, kutikulur, dan lentisel. Aliran molekul air ini berasal dari akar, batang dan akhirnya ke daun lewat xylem. Adanya kegiatan transpirasi daun menyebabkan daun memiliki daya isap terhadap air dan zat-zat terlarut di dalamnya dari batang maupun akar.
©      Hilangnya air pada bagian tanaman yaitu pada bagian daun tetapi juga batang, bunga, dan akar.
©      Air diserap kedalam akar secara osmosis melalui rambut-rambut akar, sebagian besar bergerak menurut gradient potensial air melalui xylem. Airdalam pembuluh xylem mengalami tekanan besar karena molekul air polar menyatu dalam kolom berlanjut akibat dari penguapan yang berlangsung dibagian atas.sebagian besar ion bergerak melalui simplas dari epidermis akar ke xylem, dan kemudian keatas melalui arus transportasi. Transpirasi menimbulkan arus transportasi menimbulkan arus transportasi yaitu translokasi air dan ion organik terlarut dari akar ke dalm melalui xylem.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar